Ani, Uliva Safitri (2022) Penggunaan komik sebagai alternatif media dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (388kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (748kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi munculnya permasalahan yang menunjukkan bahwa guru kurang dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan inovatif. Guru masih menggunakan metode konvesional dan tidak bervariasi yang pada akhirnya membuat peserta jenuh, tidak memiliki semangat dalam belajar, dan sulit dalam memahami materi pelajaran yang telah disampaikan. Jika dibiarkan bisa berakibat menurunnya prestasi peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui penerapan komik sebagai alternatif media dalam pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus, Pati. 2) untuk mengetahui faktor pengaruh penerapan komik sebagai alternatif media dalam pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus, Pati. 3) untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dalam menggnakan komik sebagai alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus, Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati dilapangan dengan lebih spesifik dan mendalam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang berupa fakta mengenai penggunaan media komik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus, Pati. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahaan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tahapan-tahapan dalam penggunaan komik sebagai alternatif media dalam pembelajaran IPS, menunjuk salah satu kelompok untuk maju ke depan kelas membaca cerita dalam balon kata dan kelompok lain ikut menyimak dan mendengarkan. Disela-sela kegiatan guru ikut menyimpulkan materi. Akhir kegiatan, peserta didik menyimpulkan informasi yang telah disampaikan dan diberi beberapa pertanyaan sesuai materi yang sudah diajarkan. Dalam kegiatan ini peserta didik antusias, dan lebih semangat saat pelajaran berlangsung. 2) faktor-faktor yang berpengaruh ada dua, yakni faktor pendorong (motivasi belajar peserta didik, mudah dalam penggunaanya, memperjelas isi materi, mudah dipahami), dan faktor penghambat (keterbatasan waktu, berfokus pada gaya belajar visual). 3) manfaat yang diperoleh dari penggunaan media komik dalam pembelajaran IPS yakni mampu meningkatkan daya ingat, mudah dalam memahami konsep, jadi lebih suka membaca, semakin banyak ilmu yang diserap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, komik, pembelajaran IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 06:31 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 06:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8970 |
Actions (login required)
View Item |