Azizah, Ika Ni'matul (2022) Studi Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Akibat Wabah Covid-19 Di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (583kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (796kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (386kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (507kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (478kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati, (2) mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan pembelajaran daring di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati. (3) mengetahui faktor-faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran daring di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data, subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, Wali Murid kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam melakukan pembelajaran daring di MI Terpadu Al Madani cukup baik. Dilihat dari beberapa aspek Pertama, guru dapat menggunakan aplikasi, Kedua, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran, Ketiga, guru dapat menggunakan metode dan media pembelajaran, Keempat, Guru dapat memotivasi siswa atau melakukan pendekatan dengan orang tua siswa. Kelima, guru dapat memberikan tugas dan melakukan penilaian. Faktor-faktor yang menghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati. Pertama, orang tua yang tidak aktif mengamati informasi dalam grup WhatsApp, orang tua menyepelekan tugas yang diberikan, susah dihubungi kalau disuruh mengumpulkan tugas. Kedua, siswa masih menggunakan HP orang tua untuk daring. Ketiga, orang tua bekerja pada pagi hari jadi tidak bisa mendampingi anak daring. Keempat, sinyal yang error dan tidak bisa menggunakan wifi jika sedang mati lampu dan bila kuota internet lagi habis. Kelima, peserta didik merasa jenuh, bosan, malas, kesulitan dalam memahami materinya. Keenam, guru tidak dapat berinteraksi dengan siswa secara langsung. Faktor Pendukung dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di MI Terpadu Al Madani Kaliampo Margorejo Pati. Pertama adalah alat komunikasi seperti HP karena HP bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan untuk berkomunikasi dari jarak jauh. Kedua, jaringan internet seperti Wifi. Ketiga, Aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring seperti WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan siswa atau orang tua, guru juga dapat memberikan bimbingan dan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran daring. Keempat, tersedianya sumber listrik karena tidak akan bisa mengakses jaringan wifi jika tidak ada sumber listrik yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Daring | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2023 08:17 | |||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2023 08:17 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8986 |
Actions (login required)
View Item |