Pengaruh Literasi Baca Tulis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus

Handayani, Sri Murni (2022) Pengaruh Literasi Baca Tulis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Terdapat berbagai hambatan dalam proses pembelajaran siswa kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, diantaranya masih banyak siswa yang belum bisa membaca dan menulis yang mengakibatkan siswa lambat dalam mamahami pelajaran dan berpotensi buruk terhadap hasil prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan litereasi baca tulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh antara literasi baca tulis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, serta untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh literasi baca tulis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research atau survey lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus.Teknik pengambilan data dilakukan melalui Lembar observasi, wawancara kepada guru kelas dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik normalitas dan linieritas, serta uji t dan uji f. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan literasi baca tulis diterapkan sebelum pembelajaran dimulai yaitu dengan memberi waktu tambahan sebanyak 15 menit kepada siswa untuk membaca dan menulis, dalam proses pembelajarannya siswa kelas II juga lebih di tekankan untuk membaca dan menulis dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan prestasi Bahasa Indonesia siswa kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. 2) Terdapat pengaruh antara kemampuan baca tulis dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adanya pengaruh dapat dilihat berdasarkan tabel anova yang telah dibuat, dengan rincian diketahui bahwa nilai f hitung = 29,53 dan nilai f tabel 4,26. Karena f hitung > f tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dinyatakan bahwa kemampuan literasi baca tulis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa. 3) Besarnya pengaruh literasi baca tulis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus dapat dilihat dengan hasil analisis datam menggunakan rumus persamaan regresi yang menunjukkan bahwa nilai konstanta a= 38,90722 menunjukkan bahwa besarnya variabel rata-rata prestasi belajar bahasa indonesia siswa di pengaruhi oleh kemampuan baca tulis siswa sebesar 0,551678, maka rata-rata prestasi belajar bahasa indonesia siswa adalah 38,90722.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Baca Tulis, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:18
Last Modified: 09 Mar 2023 01:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8987

Actions (login required)

View Item View Item