Relevansi Pendidikan Akhlak pada Kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim dalam Menghadapi Perkembangan Zaman: Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Ikhlas Pati Kota

Hidayah, Laila Nurul (2022) Relevansi Pendidikan Akhlak pada Kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim dalam Menghadapi Perkembangan Zaman: Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Ikhlas Pati Kota. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (886kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan akhlak sangat penting dipelajari sedari dini sebagai bekal untuk mengahadapi laju perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perubahan yang tentu membawa dampak positif dan negatif ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali perubahan sosial yang berkaitan dengan akhlak masyarakat yang sifatnya negatif. Maka, pendidikan akhlak yang dijadikan sarana untuk memperbaikinya. Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Pati Kota menerapkan kurikulum pembelajaran pendidikan akhlak pada kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim. Oleh karena itu, penulisan ini lebih difokuskan pada kegiatan pembelajaran pendidikan akhlak dengan tujuan untuk membekali para santri sebagai generasi penerus bangsa agar tidak terjerumus hal yang negatif di masa sekarang dan mendatang. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penulisan lapangan (field research). Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, jurnal, buku, dan lain sebagainya. Data dikumpulkan dalam wujud catatan atau data tertulis. Sedangkan analisa data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis). Jumlah informan dalam penulisan ini sebanyak 6 orang meliputi Pengasuh, Ustadz, 2 pengurus, dan 3 santri putri Al-Ikhlas Pati Kota. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan akhlak dalam kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim sangat bagus, karena penjelasan dari setiap bab signifikan dan detail, seperti bab adab murid kepada guru sesuai dengan keadaan santri saat ini yang mudah diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Faktor penghambat kegiatan pembelajaran ini disebabkan oleh faktor internal dari diri santri sendiri, yakni ketika santri merasa lelah atau kesal, mereka akan bosan bahkan sampai tidur dikarenakan metode yang digunakan Ustadz monoton. (3) Alasan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Pati menerapkan kurikulum ini yaitu, melihat perkembangan teknologi yang semakin maju pihak Pondok Pesantren berharap dengan adanya pembelajaran pendidikan akhlak ini para santri yang notabennya sebagai penerus bangsa, mampu menjadi contoh dan panutan setelah berkecimpung di kehidupan masyarakat nanti. (4) Impilkasi pendidikan akhlak yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Pati Kota pada kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim adalah membekali para santri bersosialisasi dengan lingkukngannya, keluarga maupun masyarakat secara baik, bisa membedakan hal seharusnya dilakukan dan ditinggalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim, perkembangan Zaman, Pondok Pesantren.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:29
Last Modified: 09 Mar 2023 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item