Konsep Pendidikan Sanggar Dalem dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak-anak Remaja di Jekulo Karang Kudus

Hadi, Teguh Prasetyo (2022) Konsep Pendidikan Sanggar Dalem dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak-anak Remaja di Jekulo Karang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (983kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (679kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan mengenai konsep pendidikan Sanggar Dalem Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak-anak Remaja Di Jekulo Karang Kudus.(2) Untuk memperluas keilmuan melalui metode konsep pendidikan Sanggar Dalem Dalam membentuk Akhlakul Karimah Anak-anak Remaja Di Jekulo Karang Kudus. Penelitian Ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Yaitu dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan di dalam memperoleh suatu data. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, terhadap fokus penelitian yang ada sanggar dalem Jekulo Karang Kudus. Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh peneliti, hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan dalam membentuk akhlakul Karimah yaitu suatu konsep pendidikan ysng dilskuksn di sebuah sanggar dengan tujuan membentuk akhlak agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan tahu benar dan salah. Terdapat nilai kas dalam Pendidikan sanggar dalem yaitu: (1)nilai religius, (2)kemandirian, (3)nilai tanggungjawab. Sedangkan terdapat metode konsep Pendidikan akhlak yaitu; (1)Metode mendidik melalui pelajaran atau nasehat, (2)Metode mendidik melalui keteladanan., (3)Metode mendidik melalui perhatian, (4)Metode mendidik melalui pembiasaan, Kemudian terdapat Faktor penghambat dalam Pendidikan akhlak, yaitu: (1)karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, (2)kurangnya motivasi dalam pembelajaran, (3)Kurangnya tenaga pengajar. Kemudian terdapat faktor pendukung yang meliputi: (1)sarana prasarana yang memadai, (2)rasa persaudaraan yang tinggi, (3)biaya pendidikan gratis, (4)letak geografis yang strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Sanggar Dalem, Membentuk Akhlakul Karimah.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:43
Last Modified: 09 Mar 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item