Pengaruh Motivasi Belajar dan Kontrol Keluarga terhadap Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak

Maghfiroh, Lailatul (2022) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kontrol Keluarga terhadap Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (857kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara teori motivasi belajar dengan keadaan sebenarnya yang terjadi dalam proses pembelajaran IPA. Motivasi belajar peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar yang diperolehnya. Selain itu, kontrol keluarga juga memiliki peran penting dalam prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden, wawancara dan dokumentasi. Analisis data tersebut menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak, 2) Pengaruh kontrol keluarga terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak, 3) Pengaruh motivasi belajar dan kontrol keluarga terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar daln kontrol keluarga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak sebesar 92,1% dimana motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 36,1296% daln kontrol keluarga memberikan sumbangan sebesar 55,955%. Sehingga hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak, 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kontrol keluarga terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak, 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan kontrol keluarga terhadap prestasi belajar IPA kelas IV MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivsi Belajar, Kontrol Keluarga, Prestasi Belajar IPA.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:46
Last Modified: 09 Mar 2023 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item