Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus)

Pratama, Muhamad Akhyar (2022) Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran PAI dengan pembelajaran secara daring melalui Media pembelajaran yang dapat memudahkan mahasiswa di dalam pembelajarannya adalah media pembelajaran daring melalui aplikasi yang ditentukan oleh pihak kampus dan dosen pengampu mata kuliah. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Persepsi mahasiswa pendidikan Agama Islam terhadap proses pembelajaran daring. 2) Untuk mengetahui Dampak positif dan negatif yang terdapat dalam proses pembelajaran daring. 3) Untuk mengetahui Upaya Dosen dalam mendampingi mahasiswa PAI dalam belajar daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reserch) karena data yang diperoleh berdasarkan pada fakta yang ada di lapangan.Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara,observasi dan dokumentasi Sebagai penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi dan data laporan, referensi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa: 1) Persepsi mahasiswa pendidikan Agama Islam terhadap proses pembelajaran daring Pembelajaran daring di IAIN Kudus. Mahasiswa mempunyai persepsei bahwa pembelajaran daring di IAIN Kudus merupakan inovasi dari pihak kampus dengan adanya kasus pandemic covid 19 yang mewajibkan mahasiswa belajar melalui daring. Salah satu contoh aplikasi yang digunakan adalah Sistem Infromasi Akademik (Siakad). aplikasi Sistem Infromasi Akademik (Siakad) ini baru di aplikasikan pada semester ganjil ini khususnya pada semester 3, 5 dan 7 pada tahun 2020. 2)Dampak positif dan negative pembelajaran daring menurut mahasiswa yaitu. Dampak positif pembelajaran daring menurut mahasiswa yaitu: Dapat di akses dengan mudah, waktu dan tempat pembelajaran fleksibel, sehingga dapat di laksankan d tempat dan waktu kapan saja dan dapat menambah wawasan dan ilmu baru bagi mahasiswa dalam bidang teknologi. Sedangkan dampak negatif pembelajaran daring menurut mahasiswa yaitu berkurangnya interaksi antara dosen dan mahasiwa, mahasiswa masih kesulitan dalam memahami materi yang di sampaikan, jaringan sinyal internet yang sering bermasalah. 3)Upaya Dosen dalam mendampingi mahasiswa PAI dalam belajar daring antara lain pertama sebagai evaluator, Kedua, sebagai pembimbing dan pemandu menjalankan tugasnya berperan dalam mengarahkan dan membimbing mahasiswa untuk memilih dan memilah pembelajaran yang di tetapkan oleh dosen pengampu. Ketiga, sebagai fasilitator, Keempat, sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Daring.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:33
Last Modified: 09 Mar 2023 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item