Tsalitsa, Annuriana (2022) Upaya Madrasah dalam Menumbuhkan Minat Baca Buku Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas IX MTs NU Karangmlati Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (686kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (971kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Membaca menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan potensi manusia. Pihak madrasah berperan penting dalam menumbuhkan minat baca siswa termasuk pada bahan bacaan PAI. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai upaya madrasah dalam menumbuhkan minat baca buku PAI dan kelas yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu kelas IX di MTs NU Karangmlati Demak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IX MTs NU Karangmlati Demak pada buku PAI?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IX MTs NU Karangmlati Demak pada buku PAI? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposeful sampling, yaitu kepala madrasah, guru mata pelajaran bidang PAI dan siswa kelas IX MTs NU Karangmlati Demak. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Upaya madrasah dalam menumbuhkan minat baca siswa pada buku PAI belum sepenuhnya berhasil karena pihak madrasah kurang dalam melatih dan membiasakan siswa untuk mengembangkan minat baca buku PAI. Madrasah juga menggunakan metode untuk menumbuhkan minat baca siswa pada buku PAI di MTs NU Karangmlati Demak diantaranya adalah metode pembiasaan dan keteladanan. 2) Faktor pendukung: lingkungan fisik madrasah dan motivasi guru. Faktor penghambat: terbatasnya jumlah buku PAI di perpustakaan, kurangnya variasi buku teks PAI, siswa yang tidak suka membaca buku terutama buku PAI dan terbatasnya ruang perpustakaan MTs NU Karangmlati Demak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:36 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9007 |
Actions (login required)
View Item |