Pemanfaatan Kartu Karir Sebagai Media Bimbingan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa MTs Naba’ul Ulum Pati

Santoso, Ghaitsa Febiyanti (2022) Pemanfaatan Kartu Karir Sebagai Media Bimbingan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa MTs Naba’ul Ulum Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas VII MTs Nab’ul Ulum Pati yang menunjukan kurangnya pemahaman siswa mengenai informasi karir. Persoalan tersebut perlu adanya tindakan salah satunya dengan pemberian bimbingan karir. Peran Guru BK sebagai konselor di sekolah yaitu mensosialisasikan informasi-informasi karir kepada siswa secara aktual. Keterampilan digital dan kemampuan melakukan inovasi media yang digunakan untuk sumber pembelajaran merupakan syarat keterampilan yang harus dimiliki sebagai kompetensi profesional seorang guru. Bimbingan karir yang dilakukan dengan menggunakan media kartu karir adalah bentuk upaya pemanfaatan inovasi media dalam bimbingan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai informasi karir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan kartu karir dan mengetahui kelayakan kartu karir. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development yang dikembangakan oleh Borg dan Gall. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi ahli materi dan media, revisi dan uji coba. Penilaian kriteria kelayakan produk meliputi aspek kelayakan, ketepatan, kemenarikan dan kebergunaan yang dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Validasi oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 90,06% dengan kategori sangat layak dan validasi oleh ahli media memperoleh nilai sebasar 89,47% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka kartu karir layak digunakan sebagai media bimbingan karir melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII MTs Naba’ul Ulum Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzmi, Khilman Rofi'UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kartu Karir, Media Bimbingan Karir, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:13
Last Modified: 09 Mar 2023 04:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item