Strategi Guru Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Penerapan Metode Baghdadi Di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati)

Afian, M. Yunhab (2022) Strategi Guru Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Penerapan Metode Baghdadi Di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (771kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menjawab beberapa rumusan masalah yang ada mengenai kegiatan pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ihyaul Ulum, mengetahui bacaan Al-Qur’an siswa dan penerapan metode Baghdadi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menekankan model fenomenologi yang melihat realitas itu tidak tunggal atau jamak yang berakar dari persepsi subjek. Pemahaman dan makna yang berbasis pada narasi verbal dan observasi daripada angka-angka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus untuk memecahlan permasalahan mengenai kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa. Dengan metode penelitian yang digunakan wawancara, observasi dan dokumnetasi. Dalam menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik triangulasi mulai dari triangulasi sumber, metode maupun waktu. Sementara dalam menganalisis dimulai dari mereduksi data hasil penelitian, penyajian data dam verikikasi atau penyimpulan data. Hasil yang diperoleh oleh peneliti adalah pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Ihyaul Ulum sudah dilakukan dengan baik dibuktikan guru membuat RPP sebelum melakukan pembelajaran melakukan pendekatan psikologis, menggunakan metode dan strategi pembelajaran. Sementara bacaan Al-Qur’an pada siswa kelas VIII A didapat hasil bisa membaca dan lancar ada 29 siswa, 9 siswa bisa tetapi tidak lancar dan 0 untuk yang tidak bisa membaca sama sekali. Sementara di kelas VIII B didapat hasil 17 siswa bisa dan lancar membaca Al-Qur’an, 15 siswa bisa tetapi tidak lancar dan 2 siswa tidak bisa menyambung ayat sama sekali. Kemudian, peneliti menerapkan metode Baghdadi untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Langkah-langlah metode Baghdadi yang diterapkan oleh penelti yakni dengan membaca turutan dan hafalan ayat. Hasil dari adanya penerapan metode Baghdadi tersebut siswa menjadi terbuka tidak malu lagi untuk mengakui kesulitan belajar yang dihadapi dan memiliki kemauan untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, H.SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Al-Qur’an, Baghdadi
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:31
Last Modified: 09 Mar 2023 06:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item