Ningsih, Wahyu Noor Anggita (2022) Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kebijakan Sekolah di MI NU Mawaqi’ul Ulum Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (772kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (681kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (823kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terbentuknya kebijakan sekolah dan , mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam kebijakan sekolah di MI NU Mawaqi’ul Ulum Undaan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksankan di MI NU Mawaqi’ul Ulum Undaan Kudus pada hari minggu tanggal 10- hari kamis 14 April 2022. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas IV, V, dan VI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (objektivitas). Data analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dibuat mulai dari tahap formulasi, implementasi, dan evaluasi. Perumusan kebijakan disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah yaitu menciptakan peserta didik yang beriman, berilmu, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan ajaran ahlussunnah waljama’ah. Kebijakan MI NU Mawaqi’ul Ulum Undaan Kudus tertuang dalam bentuk tata tertib, kegiatan pembiasaan, dan beberapa program kegiatan sekolah. Kebijakan sekolah dalam meneguhkan nilai-nilai moderasi beragama termuat dalam kurikulum, program kegiatan, dan kegiatan pembiasaan. Adapun nilai-nilai moderasi beragama yang diimplementasikan MI NU Mawaqi’ul Ulum Undaan Kudus adalah tasamuh, musawah, tawazun, I’tidal, dan syuro’. Faktor pendukung yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kebijakan sekolah yaitu adanya kerajasama baik dari peserta didik, kepala sekolah, dan pribadi guru terutama guru Pendidikan Agama Islam. Faktor penghambatnya adalah peserta didik belum bisa bertanggung jawab, kurang fokus, dan suka ramai pada saat diberi pengarahan dari gurunya mengenai pentingnya nilai-nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Moderasi Beragama, Nilai | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 06:38 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 06:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9028 |
Actions (login required)
View Item |