Pelaksanaan Setrategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora

Muhtarom, Muhtarom (2020) Pelaksanaan Setrategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (188kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Bagaimana Perencanaan Setrategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora: (2). Pelaksanaan Setrategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora: (3). Evaluasi Pelaksanaan Setrategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yang menggunakan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora. Sumber yang diperoleh dari kepala sekolah, guru Agama dan peserta didik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan. Strategi pembelajaran yang diterapkan di SDLB Budi Mulyo Kunduran Blora demonstrasi yang digunakan yaitu strategi yang menekankan pada teori dan praktik serta peran guru yang signifikan dalam segala proses belajar anak. Guru adalah pusat untuk memberikan pengertian, menjadi model, dan membuat kondisi nyaman semua siswa. Biasanya materi pelajaran yang disampaikan adalah materi pelajaran yang masih ringan dan memerlukan praktik atau contoh dari guru. 2) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Tahapan-tahapan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) yang di terapkan di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora adalah sebagai berikut: a.Tahapan Orientasi b.Tahapan Pelacakan, c.Tahapan Konfrontasi c. Tahapan Inkuiri c. Tahap Akomodasi Tahapan Transfer. 3) Evaluasi Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Siswa Tunagrahita SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora. a.Ulangan Harian, b.Ulangan Tengah Semester, c.Ulangan Akhir Semester. Berdasarkan hasil evaluasi penilaian SPPKB yang Bagi Siswa Tunagrahita pada pelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab yang jumlah soalnya 10-25 rata-rata setiap siswa mendapatkan nilai 80-85. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanaya strategi SPPKB yang diterapkan di SDLB Budi Mulyo Kunduran Kab. Blora sudah berjalan dengan baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, NorUNSPECIFIED
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Setrategi Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan Berfikir, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:44
Last Modified: 09 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item