Arif, Ahmad Han Yasa Almu’ (2022) Pembelajaran Kitab al-Faroidl as-Saniyyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Yang Moderat di MA NU TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (286kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (955kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (325kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
Abstract
Kitab al-Faroidl as-Saniyyah sangat penting untuk dipelajari. Kitab al-Faroidl as-Saniyyah merupakan kitab yang mempelajari ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah. Meninjau dari semakin meluasnya paham radikalis dan fundamentalis di lingkungan masyarakat, bahkan telah mulai masuk pada lingkungan pendidikan dibuktikan dengan adanya aksi-aksi terorisme. Maka, penelitian ini difokuskan terhadap guru untuk mengarahkan siswanya pada nilai-nilai keislaman tentang Islam moderat melalui proses pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MA NU TBS Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kesiswaan, guru pengampu pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah, dan siswa MA NU TBS Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah guru menggunakan metode ceramah. Metode ceramah ini digunakan sebab metode yang dirasa akan memudahkan siswa untuk belajar memperhatikan dalam penyampaian materi. Dengan pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah siswa akan mempunyai pandangan luas berkaitan dengan Ahlussunnah Wal Jamaah. (2) Siswa MA NU TBS sudah memahami Islam moderat dengan pemahaman keagamaan seperti melakukan kegiatan peringatan maulid Nabi, ziarah makam waliyullah, tahlil, dan melakukan kegiatan manaqib di kelas. Hal ini tidak hanya dilakukan di Madrasah saja, tapi di lingkungan masyarakat atau di kehidupan sehari-hari. Berkaitan juga dari penyesuaian yang dilangsungkan oleh para masyayikh MA NU TBS Kudus yang selalu mencerminkan perilaku moderat, ini merupakan salah satu bukti siswa MA NU TBS Kudus memahami Islam moderat. (3) Faktor pendukungnya yakni melalui kegiatan tanya jawab. Hal ini yang mendukung kelancaran pelaksanaan belajar mengajar, yang dapat dijadikan pendorong dan pembuka jalan bagi siswa yang mengantuk dan bahkan tertidur saat pembelajaran. Faktor penghambatnya disebabkan oleh faktor internal siswa, yang mana siswa mengantuk, dan bahkan tidur. Hal ini yang membuat siswa sulit untuk fokus belajar. Solusinya dengan cara tanya jawab satu per satu agar para siswa bisa kembali fokus belajar dengan baik, dan akan membuat siswa merasa bersemangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kitab al-Faroidl as-Saniyyah, Pemahaman Siswa, Islam Moderat | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:49 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9038 |
Actions (login required)
View Item |