Liana, Zulfa (2022) Manajemen Pembelajaran PAI dengan Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Materi Iman Kepada Kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (177kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (108kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (222kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi terkait Manajemen Pembelajaran PAI dengan Metode Cooperative Learning tipe make A match Terhadap Materi Iman Kepada Kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara; 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara; 3) untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau yang disebut field reaserch dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Melalui guru PAI dan siswa yang menjadi subjek dan informannya. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan penggunaan bahan refrensi. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, kemudian diverifikasi atau penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung dan melihat bagaimana manajemen pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match terhadap materi iman kepada kitab Allah di SMA Negeri 1 Welahan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah ini yaitu dimulai dari guru dalam menyusun RPP, menyesuaikan dengan materi pembelajaran, serta mempertimbangkan kondisi siswa dan alokasi waktu yang ditentukan serta menyusun dan membuat kartu soal dan jawaban. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah di sekolah sudah berjalan dengan efektif. Pembelajaran dibagi dalam beberapa tahapan diawali dengan pendahuluan, inti dan penutup. Semua siswa terlihat antusiasme selama pembelajaran berlangsung, siswa merasa senang dan nyaman belajar dengann metode kooperatif karena penggunaan metode kooperatif yang bervariasi sehingga tidak membosankan bagi siswa. (3) Penilaian pembelajaran PAI dengan metode cooperative learning tipe make a match materi iman kepada kitab Allah berupa penilaian tertulis, penilaian lisan dan penilaian sikap, penilaian yang dilakukan dapat memberikan hasil memuaskan karena rata-rata siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar sehingga dapat tercapai tujuan serta unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif dengan adanya partisipasi aktif antar siswa dengan anggota kelompok dan mampu menciptakan rasa tanggung jawab individu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran PAI, Metode Cooperative Learning tipe Make A Match, Materi Iman Kepada Kitab Allah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:16 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9047 |
Actions (login required)
View Item |