Juliana, Siti (2022) Evektifitas Pemberian Motivasi Belajar Wali Kelas Dalam Penggunaan Smartphone Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (527kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (665kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (434kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (487kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (343kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penggunaan smartphone pada motivasi belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. peran wali kelas dalam pemberian motivasi belajar siswa menghadapi penggunaan smartphone kelas V MI Miftahul huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Dampak penggunaan smartphone terhadap peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melalukan wawancara dengan kepala madrasah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Penggunaan smartphone pada motivasi belajar peserta didik kelas V di MI Miftahul Huda peserta didik sering menggunakan smartphone untuk bermain dibandingkan digunakan untuk belajar. Namun hal tersebut masih bisa dikontrol melalui motivasi-motivasi yang diberikan oleh wali kelas dan guru-guru yang mengajar mereka. Adapun hasil dari diterapkannya peran wali kelas dalam menghadapi pengaruh penggunaan smartphone pada motivasi belajar peserta didik kelas V, antara lain: a)Semangat dalam belajar, b)Meningkatkan motivasi belajar siswa, c) Meningkatkan prestasi siswa d)Konsentrasi dalam belajar, c)Menurunnya tingkat penggunaan smartphone. Wali kelas V berperan penting dalam meningkatkan kelancaran proses belajar mengajar, selain itu wali kelas berperan sebagaimana orang tua peserta didik ketika disekolah seperti memberikan pelayanan yang baik terhadap mereka. Memotivasi belajar merupakan kewajiban setiap wali kelas dalam rangka membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik agar menemukan jati dirinya. Peran wali kelas V dalam pemberian motivasi belajar siswa menghadapi pengaruh penggunaan smartphone peserta didik kelas V di MI Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus antara lain: a) Memberikan pengarahan atau bimbingan dalam menggunakan smartphone yang bermanfaat untuk peserta didik, b) Memberikan motivasi belajar pada siswa untuk berkreatvitas, c)Memberikan pendampingan terhadap penggunaan smartphone. Adapun dampak yang bermunculan bagi pengguna smartphone, jika digunakan dengan benar maka akan menimbulkan dampak yang positif, begitupun sebaliknya. Jika tidak digunakan dengan benar maka pengaruh negatif yang ditimbulkan juga banyak. Dampak dari pengguna smartphone terhadap peserta didik kelas V di MI Miftahul Huda diantaranya: a) dampak positif yaitu mempermudah komunikasi, mengetahui pengetahuan tentang teknologi di era sekarang, b) dampak negatif mengganggu perkembangan anak, menurunkan prestasi belajar siswa, sangat berpotensi terhadap perilaku dan sikap siswa, lupa dengan waktu, dan pemborosan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Evektifita, Motivasi Belajar, Penggunaan Smartphone | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:46 | |||||||||
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:46 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9055 |
Actions (login required)
View Item |