Strategi Kepala Madrasah dalam Membentuk Madrasah Unggul Berkompetitif Melalui Program Takhasus Al Qur’an dan Informasi Teknologi (Studi Kasus MA NU Manzilul Ulum Kudus)

Romadhon, Desy Rahmadani (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Membentuk Madrasah Unggul Berkompetitif Melalui Program Takhasus Al Qur’an dan Informasi Teknologi (Studi Kasus MA NU Manzilul Ulum Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (726kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (888kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (993kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (541kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan Kepala Madrasah Aliyah NU Manzilul Ulum dalam membentuk madrasah unggul berkompetitif, (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan program takhasus Al Qur’an dan informasi teknologi di MA NU Manzilul Ulum, (3) Untuk mengetahui kendala dalam melaksanakan program takhasus Al Qur’an dan informasi teknologi di MA NU Manzilul Ulum. Metode penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penulis mengambil studi kasus di MA NU Manzilul Ulum. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, pendidik pengampu takhasus Al Qur’an dan pendidik pegampu program informasi teknologi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data penelitian menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan kepala madrasah MA NU Manzilul Ulum dalam membentuk madrasah unggul berkompetitif yaitu: melalui pembangunan gedung, memilih tenaga pendidik yang berkualitas dan professional. melalui prestasi yang diperoleh dari bidang akademik maupun non akademik, memberikan biaya sekolah yang lebih murah, bekerjasama dengan beberapa pihak dari luar madrasah dan memiliki program unggulan takhasus Al Qur’an dan informasi teknologi yang digunakan sebagai strategi kepala madrasah dalam membentuk madrasah unggul berkompetitif. (2) Pelaksanaan program takhasus Al Qur’an dan informasi teknologi di MA NU Manzilul Ulum Pertama, program takhasus Al Qur’an sudah ada sejak madrasah berdiri, program takhasus Al Qur’an dilaksanakan setiap hari pada pukul 07.30-08.30 WIB, seluruh peserta didik wajib mengikuti program ini dan akan dibedakan menjadi tiga kelas, Madrasah tidak memberikan target kepada peserta didik, dan menyediakan Kampus Tahfidz yang merupakan program lanjutan dari program takhasus Al Qur’an, hasil dari pelaksanaan program ini sudah berhasil menghaflahkan peserta didik khatam 30 juz Al Qur’an bil ghaib dan memperoleh beberapa prestasi lainnya. Kedua, pelaksanaan program informasi teknologi mulai berjalan secara efektif pada tahun 2015, program ini dilaksanakan pada jam pelajaran TIK dan ekstrakurikuler multimedia pada hari Kamis atau Sabtu, dengan materi yang diajarkan mulai dari teori yang ada diLKS sampai pada praktek pembuatan konten kreator. Antusias peserta didik dalam mengikuti program tambahan ekstrakurikuler multimedia berbeda-beda. Dalam melaksanakan program informasi teknologi, madrasah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak dari luar madrasah, hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan program ialah output peserta didik mampu bersaing didunia kerja, selain itu juga memperoleh juara dalam perlombaan film pendek. (3) Kendala dalam melaksanakan takhasus Al Qur’an dan informasi teknologi di MA NU Manzilul Ulum yaitu: latar belakang pendidikan kepala madrasah tidak pada kedua bidang program tersebut, sulitnya menunjukkan program yang dimiliki madrasah kepada masyarakat, kurang memadainya sarana dan prasarana untuk mendukung program informasi teknologi, kendala dalam hal perizinan peserta didik yang sekolah dan tinggal di Pondok, dan terkendala dari peserta didik yang memiliki latar belakang dan kemampuan yang berbeda sehingga sulit menumbuhkan bakat dan minat yang dimiliki, serta kepribadian peserta didik yang malas, tidak kondusif, dan tidak sabar dalam mengikuti program tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfiiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Madrasah Unggul Berkompetitif.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:56
Last Modified: 10 Mar 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9057

Actions (login required)

View Item View Item