Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara

Luthfiyana, Nurul Hikmah (2022) Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas I MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (607kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan dalam menyusun media pembelajaran flash card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara. 2) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran flash card pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara. 3) Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan media pembelajaran flash card pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 MI NU Unggulan Paramadina Welahan Jepara. Penelitian ini berjenis penelitian field research (lapangan) bersifat kualitatif yaitu dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala madrasah, guru kelas I, dan peserta didik kelas I, observasi dilakukan di ruang kelas, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perencanaan dalam menyusun media flash card dimulai dari berdiskusi dengan wali kelas untuk melakukan kolaborasi dalam penyususnan RPP dan pembuatan media flash card. Tahap ini deperlukan karenan melakukan penyusunan yang benar dan tepat dapat menghasilkan RPP yang sesuai prosedur. Yang kedua mengumpulkan bahan pembuatan media flash card, dalam hal ini bahan yang digunakan untuk pembuatan flash card dikumpulkan menjadi satu untuk setelah itu dirancang pembuatan flash card. Setelah bahan untuk pembuatan flash card terkumpul selanjutnya cara pembuatan media flash card. 2) Penerapan media flash card pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada kelas I, pelaksanaan yang dilakukan peneliti yaitu pertama peneliti menyampaikan materi melalui metode ceramah, melakukan tanya jawab, peneliti mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok, siswa dibagi menjadi 4 kelompok, peneliti membagikan media flash card, setiap kelompok mulai menyusun kartu-kartu menjadi sebuah kosa kata dan kalimat, masing-masing kelompok diminta maju bergilir untuk menyusun dan menempelkan kartu tersebut ke papan sterofom, peneliti meminta siswa untuk membaca bersama-sama. Penerapan media flash card ini dianggap mampu meningkatkan kemampuan membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia karena sebelumnya proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. 3) Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran flash card. Kelebihanya yang pertama menarik dan unik, praktis dibawa kemana saja, menyenangkan bentuknya yang menarik membuat siswa senang menggunakan flash card untuk menemani belajar membaca. Kekurangan media flash card terdapat pada saat penggunaanya sendiri, flash card lebih cocok digunakan dalam kelompok kecil dan tidak lebih dari 30 orang siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran flash card, Bahasa Indonesia, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:09
Last Modified: 10 Mar 2023 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item