EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN IMPROVE DAN SUPERITEM TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA PADA MAPEL AL-QUR’AN HADITS DI MA NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Rahman Saleh, M. (2016) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN IMPROVE DAN SUPERITEM TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA PADA MAPEL AL-QUR’AN HADITS DI MA NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahuitidakada perbedaan antara kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol terhadap penguasaanmateri siswa sebelum perlakuan (treatment) pada mapelAl-Qur’an Hadits di MA NU MiftahulFalahCendonoDawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol terhadap terhadap penguasaanmateri siswa sesudah perlakuan (treatment) pada mapelAl-Qur’an Hadits di MA NU MiftahulFalahCendonoDawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.(3) Untuk mengetahui perbedaan penguasaanmateri pada kelompok eksperimen 1 danklompokeksperimen 2 sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada mapelAl-Qur’an Hadits di MA NU MiftahulFalahCendonoDawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis field researchdengan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif Eksperimen. Adapun lokasi penelitian di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yakni pada ruang kelas XI.Selanjutnya untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, pre test, post test dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diketahui (1) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kontrol sebelum perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 1 yaitu 79,50 nilai rata-rata kelompok eksperimen 2 yaitu 78,52 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 78,40. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 0,880< 2,09untukklompokeksperimen 1 dan -0,108< 2,09untukklompokeksperimen 2. (2) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2dan kelompok kontrolsetelah perlakuan (treatment) dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 1 yaitu 76,40 nilai rata-rata kelompok eksperimen 2 yaitu 75,60 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 73,20. Dari hasil perhitungan, t tabel lebih kecil dari t hitung 2,856 > 2,09 untuk eksperimen 1 dan untuk eksperimen 2 t tabel lebih kecil dari t hitung 2,854>2,09. (3) Ada perbedaan pada saat sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen 1 dankelompok eksperimen 2 bahwa terdapat perbedaan terbukti untuk uji t klompok eksperimen 1 mengalami peningkatan dengandengan t hitung lebih besar dari t tabel 2,015 > 2,09 dan untuk klompok eksperimen 2 mengalami peningkatan dengan t hitung lebih besar dari t tabel 2,699 > 2,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran improve; strategi super item; dan penguasaan materi siswa
Subjects: Agama
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:25
Last Modified: 25 Mar 2017 05:25
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item