Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning dan Integrasi Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Rohmah, Nailir (2022) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning dan Integrasi Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 lebih diarahkan pada penerapan suasana belajar yang aktif, kritis, analitis, dan kreatif dalam pemecahan masalah melalui pengembangan kemampuan berpikir. Kondisi pandemi COVID 19 juga memberikan dampak pada proses pembelajaran di lapangan. Berdasarkan hasil observasi lapangan di MA Mu’allimat NU Kudus, penggunaan bahan ajar belum berfungsi secara maksimal akibat sistem pembelajaran blended, salah satunya pada bahan ajar pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Biologi menjadi modul elektronik (E-Modul) pembelajaran Biologi berbasis PBL dan integrasi nilai keislaman pada materi sistem pernapasan manusia agar proses belajar menjadi lebih fleksibel, menarik, serta terpadu guna mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan /R&D (Research and Development) yang menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Produk E-Modul yang dikembangkan oleh peneliti berisi materi Biologi, materi keterpaduan konsep Biologi dengan nilai keislaman, gambar-gambar peraga, video, pengaplikasian model PBL (Problem Based Learning), dan evaluasi. 2) Data kevalidan E-modul dari para ahli diperoleh skor 91% dari ahli media yang berarti “Sangat Layak”, 80% dari ahli materi yang berarti “Layak”, serta 76,7% dari ahli keterpaduan yang berarti produk “Layak” digunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran Biologi di madrasah. 3) Data kepraktisan E-Modul dari angket tanggapan peserta didik dan Guru Biologi diperoleh skor 77% dari peserta didik yang berarti “Layak”, 86% dari guru Biologi yang berarti produk “Layak” serta didukung dengan uji pre experimental dengan desain one shot case study diperoleh 78,7% yang menunjukkan keefektifan model PBL. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa produk E-Modul pembelajaran Biologi berbasis PBL dan integrasi nilai keislaman “Layak” dipergunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADDIE, E-Modul, Biologi, PBL, Integrasi Nilai Keislaman, Sistem Pernapasan Manusia, Penelitian dan Pengembangan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:44
Last Modified: 13 Mar 2023 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9083

Actions (login required)

View Item View Item