Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam

Choirunniam, Muhammad (2022) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan proses membentuk pribadi manusia dalam mengarahkan manusia kepada kehidupan yang lebih baik. Nilai-nilai pendidikan Islam tumbuh dalam diri manusia melalui proses transformasi pendidikan Islam yang berorientasi pada kekuasan Allah yang menentukan keberhasilannya. Oleh karena itu nilai-nilai pendidikan Islam sangat penting untuk diterapkan terutama dalam lingkup dunia pendidikan. Pendidik dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam penanaman nilai-nilai Islam kepada peserta didik. Salah satu upaya dalam penanaman dapat dilakukan melalui media novel Bumi Cinta, yang mengandung unsur nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya serta disajikan dalam konteks kekinian yang bercerita perjuangan dalam menghadapi ujian nafsu keimanan. Maka, penelitian ini difokuskan terhadap nilai-nilai Islam yang terkandung dalam novel dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan dengan dokumentasi sebagai alat penghimpun data dari sumber data primer maupun sekunder. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bumi Cinta yaitu pendidikan keimanan, pendidikan moral, pendidikan seksual dan pendidikan sosial kemasyarakatan yang tercermin pada tokoh Ayyas dalam novel. (2) Adanya relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel dengan pendidikan Islam, yaitu nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan peneliti relevan dengan tujuan kurikulum pendidikan Islam sekarang serta memiliki tujuan yang sama yaitu dalam rangka membentuk pribadi muslim yang berakhlakul karimah. Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yaitu pendidik dapat menggunakan media novel atau kisah-kisah edukatif kepada peserta didik dalam upaya mencapai tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, AatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Novel Bumi Cinta, Pendidikan Islam.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:04
Last Modified: 13 Mar 2023 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item