Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Blanded Learning Kelas IV Di Mi Al-Ma’arif Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2021/2022

Fandilla, Putri Ayu (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Blanded Learning Kelas IV Di Mi Al-Ma’arif Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learning kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Mendeskripsikan upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learning kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2021/2022? 3) Mendeskripsikan hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learning kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2021/2022? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama, sumber primer meliputi wali kelas IV, orang tua siswa, dan siswa kelas IV. Kedua, sumber data sekunder diperoleh jurnal dan dokumen terkait pembelajaran blanded. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara peneliti melakukan wawancara terhadap pihak terkait yaitu wali kelas IV, orang tua siswa, dan siswa kelas IV, observasi, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi dan uji tranferability. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara yaitu, redaksi data, penyajian data, dan validasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learing kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari Jepara diantaranya memberikan dorongan kepada anak untuk giat belajar, mengawasi dan mengontrol kegiatan anak, membimbing anak belajar dengan ikut serta belajar bersama anak dan menjelaskan materi, serta membantu anak mengerjakan tugas. 2) Upaya yang dilakukan orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learning kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari diantaranya yaitu memberikan perhatian ke anak dengan menyiapkan buku dan alat tulis untuk belajar, menyediakan makanan yang disukai anak dan menyediakan fasilitas belajar, memberikan hadiah (reward) apabila hasil belajar siswa bagus dan giat belajar, dan juga memberikan hukuman (punishment). 3) Hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran blanded learning kelas IV di MI Al-Ma’arif Nalumsari diantaranya yaitu pengeluaran untuk membeli kuota, kondisi anak yang susah untuk diatur dan suka membantah, kesibukan orang tua, terbatasnya pengetahuan orang tua, serta kondisi lingkungan sekitar yang ramai dan tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaubah, MufatihatutUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Blanded Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:16
Last Modified: 13 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9091

Actions (login required)

View Item View Item