Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Pada Permainan Edukatif Sirkuit Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di MI Ta'limul Athfal Bangsri Jepara

Istiqlaliyah, Nurul (2022) Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Pada Permainan Edukatif Sirkuit Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di MI Ta'limul Athfal Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (822kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses persiapan dalam menyusun metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga, 2) Untuk mengetahui penerapan metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga, 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III di MI Ta'limul Athfal Bangsri Jepara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian true ekperimen design dengan desain preetest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data secara observasi dan tes. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III MI Ta'limul Athfal Bangsri Jepara. Kelas tersebut dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas III A dan kelas III B. Kelas III A dijadikan sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengen penerapan metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga. Kelas III B dijadikan kelas kontrol dengan penerapan metode konvensional. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Proses persiapan dalam menyusun pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga adalah dengan cara menyusun RPP, mempersiapkan semua kebutuhan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing, menyusun media pembelajaran berupa permainan edukatif sirkuit ular tangga, mempersiapkan LKS dan bahan ajar, dan menyusun soal evaluasi berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal matematika. 2) Proses penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga pada mata pelajaran Matematika yaitu dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang sesuai dengan RPP yang sudah dirancang pada proses perencanaan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Role Playing pada permainan edukatif sirkuit ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III di MI Ta'limul Athfal Bangsri Jepara dengan hasil dari uji hipotesis nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H_a di terima dan H_0 ditolak. Rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen siswa dengan menggunakan metode role playing 87,72 lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol dengan menggunnakan metode konvesioal siswa sebesar 74,89.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Role Playing, Permainan Edukatif Sirkuit Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:45
Last Modified: 13 Mar 2023 03:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9128

Actions (login required)

View Item View Item