Sofiyah, Hanik (2022) Peran Media Lingkungan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (785kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan suatu usaha yang terencana untuk menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, namun kenyataan sekarang nilai-nilai pendidikan agama Islam kurang dapat diamalkan oleh peserta didik. Maka munculah beberapa cara untuk dapat mengamalkan nila-nilai pendidikan agama Islam, salah satunya melalui lingkungan Islami. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Media lingkungan apa saja yang digunakan dalam Internlisasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus?, (2) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam apa saja yang diterpkan di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus?, (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melaui Lingkungan di Pondok Pesantren An-Nur Putri sumber Hadipolo Jekulo Kudus? Jenis penelitian yang akan dilakukan ini adalah penelitian lapangan (field reasearch) dan penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif-deskriptif dan lokasi yang akan diteliti adalah Pondok Pesantren An-Nur Sumber Hadipolo Jekulo Kudus. Data primer dan skunder akan diperoleh menggunakan metode observasi, wawncara, serta dokumentasi. Sedangkan pada analisis data dibagi menjadi beberapa tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian data disimpilkan bahwa (1) Media lingkungan yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islan di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus adalah lingkungan sosial, yang: meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat. (2) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus antara lain adalah: nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak. (3) Peran lingkungan sosial dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islan di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus sangat mempengaruh dalam pertumbuhan karakter peserta didik, baik itu pengaruh positif ataupun negatif. (4)Faktor-faktor yang mempengaruhi peran lingkungan sosial dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus adalah terdapatnya semanggat dalam diri peserta didik dalam mengikuti kegiatan internalisasi, adanya keseimbangan antara keuarga, masyarakat serta lembaga pendidikan, sarana dan prasarana yang terpenuhi, terjadinya komunikasi yang baik baik antara peserta didik dengan guru, maupun peserta didik satu dengan yang lain. Faktor penghambat yang ditemukan dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren An-Nur Putri Sumber Hadipolo Jekulo Kudus adalah lingkungan yang nilai spiritualnya masih rendah, kurangnya fasilitas yang tersedia, kurangnya kesadaran peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan agama islam, motivasi yang menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Islami | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:18 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9139 |
Actions (login required)
View Item |