Peran Media Poster Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas V di Mi Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati

Nisfah, Nur Lailatin (2022) Peran Media Poster Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas V di Mi Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam menyusun media poster pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan karakter gemar membaca siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran media poster pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan karakter gemar membaca siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati. (3) Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan media poster pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan karakter gemar membaca siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif yaitu dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapat data yang mendalam. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang mana hasil penelitiannya tidak bisa didapatkan dari prosedur statistika atau perhitungan yang lain. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala madrasah, guru kelas V dan siswa kelas V, Observasi dilakukan di ruang kelas V dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu : reduksi data (data reduction) berupa memfokuskan pada hal-hal yang pokok dan penting yang berkaitan dengan peran media poster pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan karakter gemar membaca., penyajian data (data display) yakni menyajikan data menjadi uraian singkat , lalu kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan dalam menyusun media poster untuk meningkatkan karakter gemar membaca adalah menyusun ide konten terlebih dahulu. Kemudian setelah itu mulai membuat desain yang semenarik mungkin sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. (2) Peran media poster pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan karakter gemar membaca siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam 02 Dukuhseti Pati sangat penting. Karena dapat menumbuhkan karakter gemar membaca disaat siswa bosan dengan membaca teks yang monoton dan tanpa gambar. Siswa juga menjadi lebih familiar dengan hal-hal yang baru. Pemilihan kata yang tepat serta tidak bertele-tele membuat siswa nyaman dengan membaca poster. (3) Kelebihan media poster yaitu memiliki visual lebih menarik dan unik. Hal ini akan membuat siswa lebih senang dan giat untuk membaca dan memahami isinya. Media poster juga dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan. Poster sendiri dilengkapi dengan warna-warna yang indah sehingga lebih menarik perhatian siswa. Dan harganya murah maksudnya dalam pembuatanya tidak memerlukan banyak biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Poster, Karakter Gemar Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:27
Last Modified: 14 Mar 2023 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9174

Actions (login required)

View Item View Item