Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 MI Mazro’atul Huda Bonang Demak

Winayah, Sri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 MI Mazro’atul Huda Bonang Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Model pembelajaran project based learning adalah model belajar yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam memecahkan masalah berbasis proyek. Melalui model pembelajaran project based learning peserta didik diberi kesempatan aktif mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan mereka berdasarkan pengalaman sehingga diharapkan mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi di dunia nyata. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran projrct based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Mazro’atul Huda Bonang Demak (2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V MI Mazro’atul Huda Bonang Demak. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif melalui pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Mazro’atul Huda sebanyak 43 anak. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan anggota sampel yaitu sebanyak 43 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang diolah menggunakan analisis statistik inferensial, dan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30,9 Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 87 hasil analisis statistik inferensial data menunjukkan nilai signifikasi yang diperoleh thitung> ttabel dan signifikasi (0,00<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh terdahap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V MI Mazro’atul Huda Bonang Demak. Sedangkan respon peserta didik terhadap pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah memberikan respon positif 58 % sejumlah 25 orang dan persentase sebesar 42 % sejumlah 18 orang memberikan respon sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model PembelajaranProject Based Learning, kemampuan Memecahkan Masalah, mata pelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:16
Last Modified: 15 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item View Item