Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 4 Pati

Mainah, Mut (2022) Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 4 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan humanistik pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMP N 4 Pati, motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Pati, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan humanistik dalam meningkatakan motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran PAI di SMP N 4 Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Tteknik analisis data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi pendekatan humanistik di kelas VIII pada pembelajaran PAI di SMP N 4 Pati dilaksanakan dengan melakukan tahap perencanaan mempersiapkan RPP terlebih dahulu yang disusun dengan baik agar pembelajaran bisa berjalan efektif yang kemudian pelaksanaan dilakukan dengan: menciptakan suasana yang menyenangkan, mendekat dengan siswa, tidak membeda-bedakan siswa, dan memberi kebebasan siswa. 2) Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI di SMP N 4 Pati cukup baik dan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kriteria yang dipenuhi seperti adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya reward dan punishmet, lingkungan belajar yang kondusif, dan antusias belajar siswa. Selain itu, adanya kinerja kepala sekolah dengan bekerjasama dengan seluruh Stake Holder (pemangku kepentingan), memberikan semangat atau motivasi untuk selalu belajar dan belajar dan jangan puas diri, dan jika ada siswa yang mengalami kesulitan belajar, sekolah melakukan pendekatan tidak hanya kepada siswa tetapi juga kepada orang tua (Holistik/menyeluruh) dan pastinya melengkapi sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran. 3) Faktor pendukung implementasi pendekatan humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu kemampuan guru dalam memahami konsep humanistik dan kondisi dari masing-masing siswa yang memiliki kemampuan memahami pelajaran berbeda-beda, mengefektifkannya kegiatan-kegiatan sekolah yang mendukung proses pembelajaran melalui sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap, semangat siswa dalam proses pembelajaran yang dilihat dari ketekunan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Sedangkan faktor penghambat implementasi pendekatan humanistik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu guru kesulitan mencari dan menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi siswa, terbatasnya ruang gerak guru dalam proses pembelajaran akibat pandemi yang mengharuskan guru membatasi jarak dengan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Humanistik, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:39
Last Modified: 15 Mar 2023 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item