Asmonah, Asmonah (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH (STUDI ANALISA PENGELOLAAN KELEMBAGAAN DI MADRASAH TARBIYATUL BANIN PEKALONGAN WINONG PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01 Cover.pdf Download (854kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (587kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran aktif masyarakat dalam pendidikan, artinya pendidikan harus memposisikan masyarakat bukan lagi sebagai obyek pendidikan, tetapi partisipan aktif yang mempunyai peranan dalam setiap langkah program pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap obyek tertentu yang membutuhkan suatu analisis komprehensif dan menyeluruh. Adapun pendekatan penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari Majlis Pertimbangan Yayasan (MPY), Badan Pengawas Yayasan (BPY), Dewan Pengurus Yayasan (DPY), Kepala Satuan Pendidikan, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang bagaimana implementasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat dalam pengelolaan kelembagaan di madrasah Tarbiyatul Banin dan implikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan, meliputi ; (1) sistem pengelolaan kelembagaan di madrasah Tarbiyatul Banin, (2) implementasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan kelembagaan di madrasah Tarbiyatul Banin, (3) implikasi pengelolaan kelembagaan berbasis masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan di madrasah Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Tingkat keberhasilan pendidikan berbasis masyarakat sangat tergantung pada sejauhmana tingkat keterlibatan masyarakat dan keikutsertaan masyarakat dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Kedua, madrasah Tarbiyatul Banin merupakan lembaga pendidikan yang didirikan dan diprakarsai oleh masyarakat. Oleh karena itu dalam pengelolaan lembaga pendidikannya, cenderung menggunakan sistem Manajemen Berbasis Masyarakat. Hal ini bisa kita lihat dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat baik secara emosional, material, finansial, maupun spiritual, sejak dari perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan dan pengendalian madrasah. Ketiga, Implikasi dari partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kelembagaan di madrasah Tarbiyatul Banin terhadap mutu pendidikan ditunjukkan dengan meningkatnya mutu pendidikan mulai dari input, proses maupun out put madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan berbasis masyarakat; mutu pendidikan; madrasah Tarbiyatul Banin |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Apr 2017 03:01 |
Last Modified: | 22 Apr 2017 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/922 |
Actions (login required)
View Item |