Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Segi Empat dan Segitiga di Kelas VII MTs NU Assalam Kudus

Riayah, Salma (2022) Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Segi Empat dan Segitiga di Kelas VII MTs NU Assalam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (606kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (446kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (813kB)
[img] Text
07. Bab 4 fiks22.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (330kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul matematika berbasis STEM terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian pengembangan ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian pengembangan ini pada uji coba skala kecil (terbatas) adalah 38 peserta didik kelas VII D MTs NU Assalam Kudus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar validasi modul dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa modul matematika berbasis STEM terintegrasi nilai-nilai keislaman sudah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan ini didasarkan pada uji validasi ahli materi , media, dan agama menggunakan uji validitas Gregory dengan hasil validitas konstruknya adalah 1 dan dapat dikategorikan memiliki validitas sangat tinggi. Setelah para ahli menyatakan bahwa modul matematika memiliki validitas sangat tinggi, maka dilakukan uji coba produk dengan nilai skor rerata persentase yaitu 73,5% dan termasuk kategori “Layak” digunakan di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Matematika, STEM, Integrasi Nilai-nilai Keislaman
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:58
Last Modified: 16 Mar 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item