Peran Guru PAI Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 1 Karanganyar Demak

Mutohar, Ahmad (2022) Peran Guru PAI Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 1 Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam memberikan motivasi belajar pada siswa SMAN 1 Karanganyar melalui penanaman nilai Pancasila berdasarkan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research) dimana dalam penelitian ini peneliti menggali informasi dengan terjun langsung dengan mendatangi SMAN 1 Karanganyar Demak. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi Kepala sekolah SMAN 1Karanganyar, guru PAI, Siswa kelas X Mipa dan siswa kelas X IPS sebagai data primer. Adapun literatur web, buku, skripsi terdahulu sebagai data sekunder. Dalam penyusunannya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur,dan dokumentasi. Uji keabsahan data untuk mengetahui peran guru PAI dalam memberikan motivasi belajar pada siswa SMAN 1 Karanganyar melalui penanaman nilai Pancasila dengan melakukan triangulasi kemudian menginterpretasikan kedalam karya tulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil temuan diantaranya bahwa: 1) Peran guru PAI dalam memberikan motivasi belajar bagi siswa di SMAN 1 Karanganyar benar terjadi. Kata motivasi yang berawal dari kata motif, diartikan sebagai kekuatan dari dalam diri seseorang yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Hal itu tertuang dalam guru sebagai pendidik, guru sebagai teladan, guru menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi siswa, guru memberikan penghargaan. 2) Pengamalan nilai-nilai Pancasila yang diajarkan guru PAI kepada siswa kelas X tertuang pada sila-silanya. Sila pertama pelaksanaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah bagi non muslim berdoa menurut agamanya, sebelum kbm baca asmaul husna, sila kedua teraktualisasi kedalam pengajaran dan penilaian dengan objektif, sila ketiga teraktualisasi dalam upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional, sila keempat teraktualisasi kedalam kebebasan berpendapat, musyawarah, berdiskusi, ikut dalam pemilu osis, sila kelima, saling membantu satu sama lain, saling berbagi sembako. 3) Faktor pendukung penanaman nilai-nilai pancasila bagi siswa antara lain Keteladanan akan sosok Rasulullah berlandaskan QS al-Ahzab ayat 21, keinginan belajar, termotivasi guru PAI dan teman. Faktor penghambatnya meliputi ketidakdisiplinan bagi waktu, perbedaan akan latar belakang, dan tidak nyaman dengan aturan yang ada. 4) Keberhasilan guru PAI dalam membentuk motivasi belajar siswa melalui penanaman nilai-nilai pancasila teraktualisasi kedalam semangat menanamkan ilmu agama, semangat belajar dan kejujuran, semanat bermusyawarah dan tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Nilai-nilai Pancasila
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:44
Last Modified: 16 Mar 2023 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9280

Actions (login required)

View Item View Item