Siar Islam Dalam Iklan Rokok “Ramadan”: Analisis Paradigma Naratif Walter Fisher

Sari, Dian Nita (2022) Siar Islam Dalam Iklan Rokok “Ramadan”: Analisis Paradigma Naratif Walter Fisher. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Iklan dalam keberadaannya kini kian dimanfaatkan sebagai media persuasi dalam mempersatukan bangsa dan masyarakat Indonesia khususnya. Dalam sebuah iklan akan menjadi menarik perhatian apabila iklan yang ditayangkan mengandung keunikan tersendiri dalam penyampaian sebuah tema atau ide cerita iklan tersebut terhadap audien. Salah satunya yang menjadi sebuah daya tarik terhadap audien sendiri adalah situasi pada bulan Ramadan, sebab dalam bulan Ramadan itulah dianggap sebagai momen untuk meningkatkan kesolehan sosial melalui terpaan tayangan-tayangan produk dari pesan-pesan yang mengandung nilai sentuhan emosional yang berupa pesan keagamaan yang dikemas dalam bentuk sebuah cerita perjalanan dalam menyambut bulan Ramadan. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori paradigma Walter Fisher, dan data yang menjadi objek dalam penelitian ini meliputi data primer, yakni berupa tayangan audio visual iklan tersebut dan data sekunder, yakni seperti jurnal, buku, dan berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa iklan rokok PT. Djarum dalam penayangannya selama bulan Ramadan agar sesuai dengan nuansa yang dibawanya juga untuk mengejar nilai efektifitasnya maka dimasukkanlah unsur-unsur yang mengandung pesan keagamaan utamanya siar Islam. Nilai-nilai siar Islam itu diantaranya adalah mengenai pengingat akan ujian, ajakan untuk tawakal, berlapang dada, bersabar, serta tentang keteguhan hati, dorongan untuk optimis, tetap merasa kuat, pantang menyerah, dan semangat untuk ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, MansurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Iklan Ramadan, Paradigma Naratif, Audio Visual, Siar Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:47
Last Modified: 16 Mar 2023 07:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9289

Actions (login required)

View Item View Item