Studi Analisis Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Akidah,,Akhlak Di MTs. Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022

Arifin, As’ad Samsul (2022) Studi Analisis Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Akidah,,Akhlak Di MTs. Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum Akidah Akhlak berbasis pendidikan nilai (emosi) lebih menekankan pada pendalaman karakter peserta didik, terutama pada pengembangan nilai, yang dapat mempengaruhi perkembangannya, sekaligus pemilihan strategi (metode dan teknologi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum, implementasi pengembangan kurikulum, dan hasil pengembangan kurikulum untuk meningkatkan materi Akidah Akhlak di MTs Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian Field research pendekatan deskriptif atau dengan lapangan, pendekatan kualitatif berdasarkan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian yaitu mereduksi data atau merangkum data hasil dari penelitian, menyajikan data secara sistematis dan diverifikasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan sumber sekunder diperoleh dari kepustakaan melalui jurnal dan buku-buku, dan dokumentasi dari Tenaga Usaha MTs Manba'ul Huda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan kurikulum Akidah Akhlak di MTs. Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan, diwujudkan dalam (1) Perencanaan pengembangan kurikulum dengan menyusun tujuan, materi, metode dan pengorganisasian materi, kemudian (2) Implementasi kurikulum 2013 dengan melakukan langkah-langkah yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (3) Pengambangan kurikulum mata pelajaran Akidah Akhlak meningkatkan hasil berupa penilaian keterpaduan antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan, hasil pembelajaran dapat dilihat dari sikap, dan perilaku atau lebih menekankan pembentukan ranah afektif dan psikomotorik yang dilandasi oleh ranah kognitif yang tercermin dalam Keimanan, Pengamalan, Pembiasaan, Secara rasional, Emosional, Fungsional, Keteladanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:44
Last Modified: 20 Mar 2023 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item