Arifin, As’ad Samsul (2022) Studi Analisis Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Akidah,,Akhlak Di MTs. Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan kurikulum Akidah Akhlak berbasis pendidikan nilai (emosi) lebih menekankan pada pendalaman karakter peserta didik, terutama pada pengembangan nilai, yang dapat mempengaruhi perkembangannya, sekaligus pemilihan strategi (metode dan teknologi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum, implementasi pengembangan kurikulum, dan hasil pengembangan kurikulum untuk meningkatkan materi Akidah Akhlak di MTs Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian Field research pendekatan deskriptif atau dengan lapangan, pendekatan kualitatif berdasarkan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian yaitu mereduksi data atau merangkum data hasil dari penelitian, menyajikan data secara sistematis dan diverifikasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan sumber sekunder diperoleh dari kepustakaan melalui jurnal dan buku-buku, dan dokumentasi dari Tenaga Usaha MTs Manba'ul Huda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan kurikulum Akidah Akhlak di MTs. Manba'ul Huda Tanggungharjo Grobogan, diwujudkan dalam (1) Perencanaan pengembangan kurikulum dengan menyusun tujuan, materi, metode dan pengorganisasian materi, kemudian (2) Implementasi kurikulum 2013 dengan melakukan langkah-langkah yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (3) Pengambangan kurikulum mata pelajaran Akidah Akhlak meningkatkan hasil berupa penilaian keterpaduan antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan, hasil pembelajaran dapat dilihat dari sikap, dan perilaku atau lebih menekankan pembentukan ranah afektif dan psikomotorik yang dilandasi oleh ranah kognitif yang tercermin dalam Keimanan, Pengamalan, Pembiasaan, Secara rasional, Emosional, Fungsional, Keteladanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:44 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9325 |
Actions (login required)
View Item |