Wakhidah, Zumrotul (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA YANG BAIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA DARUL HIKAM KALIREJO UNDAAN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus, (2) Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan kudus, (3) Hambatan pada strategi guru dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus, (4) Solusi dari hambatan pada strategi guru dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Darul Hikam kalirejo undaan kudus. Penelitian ini dilakukan Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik Pengumpulan data menggunakan metode obsetvasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Tehnik pengumpulan data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran akidah akhlak di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik yang dalam proses pembelajarannya menggunakan beberapa metode pembelajaran sesuai dengan materi. Dengan tujuan agar peserta didik memiliki jiwa yang berakhlakul karimah sesuai dengan yang sudah dicontohkan oleh Rosulullah SAW 2) Stretegi guru dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran yang beragam sesuai dengan materi. Seperti metode diskusi, siswa akan lebih mengasah pola pikirnya untuk menganalisis materi dan mempraktekkannya, dan juga lewat teguran-teguran langsung guru kepada siswa ketika melakukan kesalahan, serta guru yang menjadi figur panutan yang harus lebih memberikan contoh kepada peserta didik untuk berakhlak yang baik. 3) Hambatan pada strategi guru dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik ada pada diri peserta didik itu sendiri, karena peserta didik tidak memiliki figur idola dalam berperilaku yang baik dan kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak 4) Solusi utama untuk mengetahui perkembangan kemampuan penyesuaian diri siswa yang baik pada mata pelajaran akidah akhlak ada pada guru yang mengajar disekolah, khususnya guru akidah akhlak dan tentunya dibutuhkan dukungan penuh dari kedua orang tua peserta didik . Karena guru tidak bisa sepenuhnya memberi arahan maupun teguran-teguran langsung secara terus-menerus tentang perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan pelajaran akidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru; Penyesuaian Diri; Akidah Akhlak |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 22 Apr 2017 04:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |