Analisis Kehalalan Produk Makanan Cepat Saji Dalam Upaya Perlindungan Konsumen Muslim (Studi Pada Analogy_Co)

Khoiroh, Nikmatul (2022) Analisis Kehalalan Produk Makanan Cepat Saji Dalam Upaya Perlindungan Konsumen Muslim (Studi Pada Analogy_Co). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (948kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (945kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Memahami kehalalan produk makanan cepat saji di Analogy_co. (2) Memahami upaya perlindungan konsumen muslim terhadap kehalalan produk makanan cepat saji di Analogy_co. (3) memahami hubungan kehalalan produk dengan perlindungan konsumen di Analogy_co. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitaitf dengan menggunakan analisis deskriptif. Lokasi penelitian di rumah makan cepat saji Analogy_co, Jl. Menur Mlati Lor Kec. Kota Kab. Kudus, Jawa Tengah 59318. Subyek penelitian yaitu pemilik usaha Analogy_co, Ketua MUI Kudus, Kepala LP3H, dan konsumen yang berada di Analogy_co. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: Kehalalan produk makanan cepat saji dalam upaya perlindungan konsumen bahwasannya sudah diterapkan oleh pelaku usaha Analogy_co. Dibuktikan dengan memberikan informasi kepada konsumen tentang bahan baku, cara memperoleh, proses, pendistribusian, penyimpanan, dan penyajian berupa makanan yang berasal dari Tiongkok yaitu dimsum. Pemilik usaha Analogy_co sudah memahami hukum perlindungan konsumen dalam upaya perlindungan konsumen muslim, yaitu al-dharuriyyat al-khamsah, yaitu: (1) memeliharaan agama (hifdh al-din), (2) memelihara jiwa (hifdh al-nafs), (3) memelihara akal (hifdh al-aql), (4) memelihara keturunan (hifdh nasl), dan (5) memelihara harta (hifdh al-maal), dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, serta mengetahui hak dan kewajiban pelaku usaha dan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Makanan Halal, Perlindungan Konsumen Muslim
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Aspek fiqih lainnya > Halal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:24
Last Modified: 20 Mar 2023 07:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item