Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus

Lita, Shafira Nurul (2022) Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan peran penting dari suatu pendidikan dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan yang tepat akan membina Sumber Daya Manusia dengan baik. Namun, kenyataannya Sumber Daya Manusia saat ini malah menjadi tokoh dalam banyaknya kasus kejahatan. Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu merupakan satu dari sekian banyak kurikulum yang ada di Indonesia yang fokus dengan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam pembentukan karakter siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dalam pebentukan karakter siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus. Metode penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, salah satu guru kelas dan salah satu siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data penelitian menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang diterapkan di SDIT Umar Bin Khathab Kudus merupakan kurikulum yang menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada kurikulum nasional. Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dikatakan sebagai kurikulum yang tepat untuk membentuk karakter peserta didik. Karena dalam kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) telah mengatur standar kompetensi bagi guru maupun siswa secara menyeluruh. (2) Faktor pendukung penerapan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dalam pembentukan karakter siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus yaitu adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pendidik, wali murid, peserta didik, sarana dan prasarana, pemerintah dan masyarakat sekitar. Faktor penghambat kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SDIT Umar Bin Khathab Kudus yaitu juga dari Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri yang tidak menjalankan perannya dengan baik. Kemudian, faktor penghambat lainnya adalah waktu. Walaupun tidak menjadi masalah yang begitu besar namun, terkait waktu yang dimiliki oleh pendidik dalam menyusun RPP dirasa kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSholihuddin, MohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu, Pembentukan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:57
Last Modified: 24 Mar 2023 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9409

Actions (login required)

View Item View Item