PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI GANGGUAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH GEDONGSARI BLORA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muyassaroh, Isna Latifatul (2017) PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI GANGGUAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH GEDONGSARI BLORA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gangguan pembelajaran yang terjadi serta upaya dalam mengatasi gangguan pembelajaran yng muncul pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Islamiyah Gedongsari Blora. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian Field research ( penelitian lapangan ). Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung mengenai bagaimana keadaan kelas, perilaku peserta didik di kelas dan berlangsungnya proses belajar mengajar, wawancara kepada pihak yang terkait yaitu kepala Madrasah, guru Al-Qur’an Hadist dan peserta didik di kelas tujuh dan dokumentasi kelembagaan dan administrasi. Pengujian keabsahan data melalui perpanjangan waktu, peningkatan ketekunan selama penelitin dan mengecek data yang diperoleh peneliti, membuat laporan secara jelas dan rinci, melakukan audit terhadap keseluruhan proses penelitian dan konfirmasi kembali ke lapangan untuk bertemu narasumber dan menanyakan ulang tentang data yang sudah diperoleh sehingga data yang tertulis benar-benar sesuai denagan yang terjadi di lapangan. Selanjutnya menganalisis data dari awal sampai akhir, sehingga mendapat kesimpulan yang di dukung oleh bukti-bukti valid dan konsisten. Kesimpulan yang di dapat disini yaitu sudah terpenuhinya apa yang menjadi tujuan dari penelitian tersebut, yaitu terpenuhinya jawaban dan mendapat data yang kompleks tentang apapun yang berhubungan dengan manajemen pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan: gangguan pembelajaran yang terjadi: masalah kedisiplinan peserta didik, peserta didik yng tidak mempunyai buku pegangan sendiri, peserta didik mengganggu peserta didik lain ketika kegiatan pembelajaran, kurangnya konsentrasi peserta didik ketika pembelajaran, peserta didik yang ingin mendapatkan perjatian, peserta didik ingin menunjukkan kekuatannya di kelas, peserta didik menunjukkn ketidakmampuannya (Helpness) dan sarana prasarana yang kurang memadai.penerapan manajemen pembelajaran dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: a) Planning ( Perencanaan), b) Organizing ( pengorganisasian), d) Controlling ( pengawasan), e) Evaluating ( penilaian), faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran, faktor pendukung: 1) Guru: memiliki kompetensi personal atau pribadi, kompetensi professional dan kompetensi kemasyarakatan.2) peserta didik: antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, faktor penghambat: gangguan pembelajaran yang meliputi: Kurangnya buku-buku pegangan dan penunjang, kurangnya konsentrasi atau focus peserta didik terhadap pelajaran, kurangnya fasilitas sekolah yang kurang memadai, keberadaan sekolah yang tepat disamping lingkungan masyarakat juga menjadi penghambat dalam manajemen pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Gangguan
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 05:15
Last Modified: 22 Apr 2017 05:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item