Penerapan Model Realistics Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan

Yustiani, Riska (2022) Penerapan Model Realistics Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (759kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (610kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Realistics Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. Rumusan masalah yang diangkat peneliti yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Model RME (Realistics Mathematic Education) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. 2) Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika setelah Menggunakan Model RME (Realistics Mathematic Education) Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dimana peneliti datang kelokasi secara langsung. Penelitian ini menggunakan Jenis pendekatan kuantitatif Pre-Eksperimen Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai pretest menunjukkan skor rata-rata adalah sebesar 49,17 Sedangkan pada nilai hasil dari posttest menunjukkan skor rata-rata 79,58. Berdasarkan hasil uji t hasi belajar diketahui bahwa bahwa thitung 27,223 > ttabel 1,669 dengan taraf signifikansi 0,000. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa pada pretest dan posttest. Dengan demikian terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika setelah Menggunakan Model RME (Realistics Mathematic Education) Siswa Kelas IV MI NU Nahdlatus Shibyan. Hasil belajar siswa pada pelajaran matematika mengalami peningkatan dari sebelum penerapan model RME dengan setelah penerapan Model RME.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhsani, Eva LuthfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Realistics Mathematic Education (RME), Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:24
Last Modified: 24 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9410

Actions (login required)

View Item View Item