Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK PGRI 2 Kudus

Syafa’ah, Nailusy (2022) Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK PGRI 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (798kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (787kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK PGRI 2 Kudus, 2) Untuk mengetahui dampak integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap sikap peserta didik di SMK PGRI 2 Kudus, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK PGRI 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif pada SMK PGRI 2 Kudus. Subjek yang dipilih peneliti terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, peserta didik muslim dan peserta didik non muslim. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, peserta didik muslim dan peserta didik non. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu dokumentasi terkait profil sekolah dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengujian keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi teknik atau metode yang menggunakan tiga metode dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK PGRI 2 Kudus meliputi: a) Pemahaman guru pendidikan agama Islam terkait pengertian pendidikan multikultural; b) Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti; c) Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam media pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti; d) Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam metode pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti; 2) Dampak integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap sikap peserta didik; 3) Faktor penghambat dan pendukung integrasi nilai-nilai pendidikan multikultral yang terdiri dari: a) Waktu pembelajaran yang sedikit; b) Pengaruh media sosial; c) kebijakan kepala sekolah; d) Fasilitas yang diberikan oleh sekolah; e) Lingkungan sekolah yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Mutikultural, Konsep Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:45
Last Modified: 24 Mar 2023 03:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9412

Actions (login required)

View Item View Item