Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran PAI Jenjang Pendidikan Menengah (Studi Kasus Keluarga Petani Di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak)

Wahyudi, Wahyudi (2022) Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran PAI Jenjang Pendidikan Menengah (Studi Kasus Keluarga Petani Di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (857kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mendukung pembelajaran PAI pada jenjang Pendidikan Menengah di Desa Ngelo Kulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. (2) Untuk mengetahui komunikasi antara orangtua dan guru dalam mendukung pembelajaran PAI pada jenjang Pendidikan Menengah di Desa Ngelo Kulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa/anak yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Pola asuh orang tua dalam mendukung pembelajaran PAI di Desa Ngelokulon Kecamatan Mijen Kabupaten Demak sudah baik, karna adanya perubahan tingkah laku anak, anak menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang tua maupun orang lain serta sadar bahwa belajar itu sangat penting. (2) Komunikasi antara orangtua dan guru berlangsung pada saat penerimaan raport semester, karena pada saat itulah orangtua dan guru berkomunikasi serta untuk meningkatkan cara belajar mereka. Terkadang pada saat siswa ada masalah contohnya siswa melawan kepada guru, bolos lebih dari tiga kali dan merokok apalagi di lingkungan sekolah, maka orangtua baru dipanggil atau di beri informasi. Adapun komunikasi antara orang tua dan guru yang lain adalah dengan mengadakan pengajian di sekolahan. Pengajian yang dilakukan berguna untuk menambah wawasan agama guru dan orang tua serta siswa. Pihak madrasah mengundang ustadz untuk memberikan tausyiah kepada guru dan orang tua. Tema-tema yang disajikan sesuai dengan pendidikan anak menurut al-Qur’an dan hadist. Sehingga guru dan orang tua dapat mendidik dan memperlakukan anak-anaknya sesuai dengan al-Qur’an dan hadist. Ada juga yang memakai cara memantau proses belajar peserta didik/anak disekolah dengan melakukan kerja sama kepada guru di kelas yaitu dengan menanyakan kepada wali kelasnya atau terkadang pula bertanya secara langsung guna mengetahui perkembangan anak di sekolah atau juga lewat handphone. Untuk itu sangat penting sekali antara orang tua serta guru untuk selalu saling bertukar informasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaid, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorMaisyanah, MaisyanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Komunikasi Antara Orang Tua Dan Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:42
Last Modified: 27 Mar 2023 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9427

Actions (login required)

View Item View Item