Sari, Sindi Novita (2022) Implementasi Layanan Bimbingan kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 2 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (436kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (203kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (437kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setalah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan tema motivasi belajar. Adapun penelitiannya adalah (1) Untuk mengatahui gambaran awal motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19. (2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif (descriptif research) yaitu data yang terkumpul berupa kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka, seteh terkumpul data di analisis kemudian di deskripsikan. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknis purpose sampling dengan jumlah informan 10 orang yang terdiri dari Guru BK, Kepala sekolah, Waka Kurikulum dan peserta didik kelas VII C yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 di MTs. Negeri 2 Pati. Hasil penelitian adalah: Adapun dalam penelitian ini terdapat sepuluh informan yaitu, ibu Endang Suprihatin, S.Psi, bapak Nurul Anam, M.Pd.I. bapak Miftahul Huda, Arifki Yoga Prasetya, Laila Nur Afriyanti, Lga Amadha Fasha, Insani Ratna A, Shella Khorun N., dan Titus Fajar Febrian. (1) Pembelajaran yang dilaksanakan di MTs. Negeri 2 Pati ada dua yaitu pembelajaran daring dan tatap muka terbatas. Motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran daring rendah. Motivasi belajar peserta didik baik selama pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan. (2). Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok dengan tema motivasi belajar yang dilaksankan di kelas VII C MTs Negeri 2 Pati dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapaun tingkat keakuratan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan tema motivasi belajar siswa adalah di taraf yang baik (layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:10 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9438 |
Actions (login required)
View Item |