Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Robi’attuladawiyah, Wardah Ayu (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (658kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah : 1) Untuk Mengetahui Strategi Guru dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus. 2) Untuk mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi guru dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sesuai dengan objek kajian maka jenis penelitian lapangan (field research) yaitu mengambil lokasi MI Maslakul Falah Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menari kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Strategi guru dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus, yaitu Menggunakan pembelajaran aktif Reading Aloud, Menggunakan Metode yang tepat dan menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai yakni memberi, membiasakan dan menghafal atau dapat dikatakan di teknik pembelajaran di MI Maslakul falah dengan menggunakan teknik Baca-Ulang-Ucap, Baca-Tulis, dan Lihat-Ucap. 2) Faktor pendukung yaitu Pertama Faktor keluarga. Kedua faktor di sekolah dan Ketiga fasilitas memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu Pertama kurangnya perhatian. Kedua Malas, yang dimana siswa masih suka bergurau dengan temannya. Ketiga, Penggunaan Handphone terlalu bebas tanpa aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:48
Last Modified: 27 Mar 2023 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item