Afriyanti, Iis (2022) Implementasi Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas V MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (662kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (488kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (365kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris siswa kelas V MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, (2) Menganalisis hambatan pada implementasi metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris pada siswa kelas V di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, (3) Mendapatkan solusi dalam mengatasi hambatan pada implementasi metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris pada siswa kelas V di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, yaitu pada kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa inggris dan siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Dengan jumlah masing-masing 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyususn serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada pembelajaran bahasa inggris di kelas V MI Darul Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris berlangsung cukup efektif, dengan diterapkannya metode CIRC pada pembelajaran bahasa inggris di kelas V dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris siswa menjadi lebih baik meskipun tidak langsung signifikan. (2) Hambatan yang terjadi pada implementasi metode CIRC pada pembelajaran bahasa inggris adalah kurangnya minat siswa pada bahasa inggris. (3) Solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan membiasakan siswa dengan bahasa inggris seperti mendengarkan lagu berbahasa inggris, membaca buku, dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode CIRC, Kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris, bahasa inggris | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2023 06:46 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 06:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9509 |
Actions (login required)
View Item |