Syafa’ah, Umi (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (819kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (247kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (407kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
Abstract
Proses pembelajaran IPS di MTs Negeri 1 Kudus pendidik kurang optimal baik dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran IPS cenderung masih monoton dan menggunakan metode ceramah yang belum melibatkan media pembelajaran. Sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh saat mengikuti proses pembelajaran. Pendidik juga memberikan fasilitas untuk semua peserta didik agar lebih aktif mengikuti proses pembelajaran dengan cara melibatkan peserta didik saat proses pembelajaran. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :1) Untuk mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 1 Kudus; 2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technologi ) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 1 Kudus; 3) Untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Informasion Comunication Technology) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dan menggunakan pendeketakan kualitatif, yaitu metode yang mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah. Oleh karena itu, obyek penelitiannya adalah obyek dilapangan. Sumber data primer diperoleh melalui peserta didik, pendidik, dan waka kurikulum. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pelaksanaan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT (Information Technology Communication) di MTs Negeri 1 Kudus sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan persiapan yang direncanakan, dilaksanakan, kemudian dievaluasi oleh seorang guru mata pelajaran, membuat peserta didik lebih antusias dan tertarik mengikuti kegitan belajar, 2) proses pelaksanaan penerapan media pembelajaran ICT di MTs Negeri 1 Kudus secara umum baik, akan tetapi masih juga terdapat adanya kekurangan dan kelebihan yang meliputi sarana dan prasarana, peserta didik, pendidik dan madrasah serta steakholder lainnya. 3) Manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis ICT sangat berperan penting untuk menarik perhatian siswa, peserta didik lebih aktif, penguasaan materi menjadi lebih baik dan pembelajaran menjadi lebih bervariasi, hal ini dikarenakan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT membuat peserta didik lebih antusias dan tertarik mengikuti kegiatan belajar, peserta didik lebih terfokus dan terarah dalam mengerjakan tugas dan senang menyelesaikan tugas secara langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis ICT | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 01:53 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 01:53 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9522 |
Actions (login required)
View Item |