Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning “Smartline” Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Garis Dan Sudut Di Tingkat SMP

Niam, Mohammad Zulfa Ainun (2022) Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning “Smartline” Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Garis Dan Sudut Di Tingkat SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (302kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (366kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (505kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (277kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi math mobile learning menggunakan software Adobe Animate CC di tingkat SMP yang memenuhi kriteria kevalidan, dan kelayakan media agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merujuk pada salah satu model penelitian pengembangan, yaitu model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan model ini meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan atau Uji Coba Produk), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran, Bae, Kudus yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket respon pengguna. Hasil penelitian pengembangan adalah : (1) Hasil validasi ahli materi menghasilkan kelayakan media dengan kategori “Sangat Layak” yang memiliki skor kelayakan sebesar 82,5 dengan rentang skor 82,5 > 79,995; (2) Hasil validasi ahli media menghasilkan kelayakan media dengan kategori “Sangat Layak” yang memiliki skor kelayakan sebesar 83,5 dengan rentang skor 83,5 > 79,995; (3) Hasil uji coba terbatas menghasilkan kelayakan media dengan kategori “Sangat Layak” yang memiliki skor kelayakan sebesar 85,2 dengan rentang skor 85,2 > 79,995; (4) Hasil uji coba lapangan menghasilkan kelayakan media dengan kategori “Sangat Layak” yang memiliki skor kelayakan sebesar 85,43333333 dengan rentang skor 85,43333333 > 79,995. Berdasarkan skor kevalidan dan kelayakan media, maka media pembelajaran berupa aplikasi math mobile learning menggunakan software Adobe Animate CC layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika kelas VII di tingkat SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aplikasi, Math Mobile Learning, Adobe Animate CC, Garis dan Sudut
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:55
Last Modified: 30 Mar 2023 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9541

Actions (login required)

View Item View Item