Hamdanah, Siti Umi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran IPS Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (653kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (513kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (277kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) keberhasilan dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Spinning Wheel dalam pembelajaran IPS kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran IPS serta siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability serta uji confirmability, serta untuk teknis analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Hasil Penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Spinning Wheel dalam pembelajaran IPS kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus memiliki beberapa langkah-langkah dalam penerapannya yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, serta tahap evaluasi. 2) Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran ini yaitu, a) kondisi siswa dalam keadaan sehat, b) siswa memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran, c) siswa memiliki motivasi dalam belajar, d) tenaga pendidik yang sudah baik dalam mengajar, e) keaktifan peserta didik yang sudah baik, f) sarana pembelajaran yang sudah memadai, g) hubungan antar guru yang sudah baik. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu, a) kurang adanya kesadaran siswa saat proses pembelajaraan, b) sumber belajar yang kurang. 3) Adanya penerapan pembelajaran tersebut. dapat meningkatkan motivasi siswa, yaitu terlihat dari siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, menjadi lebih senang dalam pembelajaran, menjadi lebih paham akan tujuan pembelajaran, menjadi lebih tekun dalam belajar, menjadi lebih banyak mencari hal-hal yang berhubungan dengan materi, menjadi semangat untuk mendapatkan prestasi yang baik, senang akan pujian sehingga lebih termotivasi untuk belajar, nyaman dalam belajar, siswa suka dengan cara guru dalam mengajar dan hasil evaluasi siswa sudah menunjukkan hasil yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together, Spinning Wheel, IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2023 01:38 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 01:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9562 |
Actions (login required)
View Item |