Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA N 1 Jekulo Tahun Pelajaran 2022/2023

Janah, Anisa Miftakhul (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA N 1 Jekulo Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (904kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (987kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (795kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (523kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA N 1 Jekulo Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Penguatan Karakter Siswa Multikultural Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA N 1 Jekulo tahun pelajaran 2022/2023. (3) faktor pendukung dan penghambat Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA N 1 Jekulo tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala SMA Negeri 1 Jekulo Kudus, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Guru mata pelajaran PAI di kelas dan peserta didik. Adapun sumber data primer diperoleh dari wawancara terstruktur dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas, peserta didik, dan observasi non partisispan di kelas x. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen RPP, Modul Pembelajaran PAI, dan profil sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Jekulo pada kelas X menggunakan kurikulum merdeka, guru menyiapkan perangkat pembelajaran berupa Prota, Promes dan RPP atau modul pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode Discovey learning, ceramah, diskusi. Guru melibatkan siswa secara aktif di dalam kelas. Nilai-nilai pendidikan yang diterapkan di SMA Negeri 1 Jekulo yaitu nilai toleransi, nilai humanisme, nilai religios,nilai kejujuran, nilai demoksratis, nilai inklusif atau saling terbuka. (2) Penguatan karakter siswa multikultural pada pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Jekulo ada beberapa nilai karakter yang ditekankan dalam penguatan karakter pada peserta didik, yaitu karakter religius, toleransi, nasionalis, disiplin, mandiri dan gotong royong. karakter tesebut perlu ditekankan karena keberagaman yang ada dilingkungan SMA Negeri 1 Jekulo yaitu keragaman agama, asal daerah, dan status sosial pada peserta didik. Keberagaman yang ada tidak membuat mereka terpecah belah sehingga menimbulkan konflik, namun justru mereka saling memahami, menghormati dan toleransi antara satu dengan yang lainnya. Sekolah memberikan kebebasan kepada setiap individu untuk beraktualisasi sesuai dengan apa yang mereka inginkan. (3) Faktor pendukung dan penghambat Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam penguatan pendidikan karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan (PAI) Di SMA N 1 Jekulo adalah: (a) Faktor pendukung penanaman nilai-nilai multikultural dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Jekulo adalah 1) seluruh komponen sekolah, 2) kondisi lingkungan sekolah, serta, 3) sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah. (b) Faktor penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam penguatan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Jekulo adalah (1) kurangnya kesadaran tentang multikulturalisme, (2) kurangnya sosialisasi, dan (3) dampak negatif dari adanya kemajuan dibidang teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan Multikultural nilai-nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam,
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:47
Last Modified: 31 Mar 2023 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9565

Actions (login required)

View Item View Item