Implementasi Kegiatan Proyek Sederhana Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Desa Tambahmulyo Gabus Pati Tahun Ajaran 2021/2022

Zahra, Nikmatuz (2022) Implementasi Kegiatan Proyek Sederhana Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Desa Tambahmulyo Gabus Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kegiatan proyek sederhana sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak sejak dini. Melalui aktivitas kegiatan proyek, anak mampu mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan berbagai aktivitas dalam berkelompok yang mampu mengembangkan sikap sosial anak dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kegiatan proyek tersebut mampu mengasah kemampuan anak dalam pemahaman sosial, kepekaan sosial, dan komunikasi sosial anak. Tujuan penelitian ini sebagaimana rumusan masalah yang telah ditentukan yaitu untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pertiwi Desa Tambahmulyo Gabus Pati. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam mengenai implementasi kegiatan proyek sederhana untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam mengenai faktor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat dalam implementasi kegiatan proyek sederhana untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian ini merupakan metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana peneliti secara langsung terjun ke lapangan untuk mengamati atau berpartisipasi secara langsung untuk memperoleh data atau informasi dari partisipan yang bersangkutan. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data, peneliti melakukan pengujian keabsahan data melalui uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian diperoleh oleh peneliti yaitu: 1) Kecerdasan interpersonal di TK Pertiwi Desa Tambahmulyo Gabus Pati telah dikembangkan dengan baik. Pengembangan ini dilakukan sejak anak memasuki awal pembelajaran baru dengan kegiatan yang mempunyai unsur kerja sama dan kegiatan diskusi tanya jawab dalam kelompok. Sehingga anak mampu berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun hubungan sosial dengan baik dalam lingkungannya sebagai bekal menghadapi kehidupan pada masa yang akan datang. 2) Implementasi kegiatan proyek sederhana untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dalam kegiatan berkelompok mampu mengembangkan kemampuan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan sikap empati tanpa membedakan teman melalui kegiatan proyek kerjasama dengan diskusi tanya jawab kelompok. Pelaksanaan kegiatan proyek diawali dengan membuat rancangan kegiatan, kemudian tahap pra pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap terakhir yaitu penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Kegiatan Proyek, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:27
Last Modified: 03 Apr 2023 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item View Item