Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Dan Nilai Keislaman Pada Materi Ekosistem Kelas X IPA Tingkat MA

Rahmaniyyah, Alfiyatul (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Dan Nilai Keislaman Pada Materi Ekosistem Kelas X IPA Tingkat MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (674kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-modul berbasis literasi sains pada pembelajaran biologi pada materi ekosistem kelas X IPA di MA Mu’allimat NU Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model penelitian 4-D di modifikasi menjadi model pengembangan 3-D dengan menghilang tahap disseminate (penyebaran) sehinga penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek uji coba produk yaitu peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 42 peserta didik di MA Mu’allimat NU Kudus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, instrumen, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh dosen ahli materi diperoleh penilaian kelayakan 81% dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi oleh dosen ahli media diperoleh penilaian kelayakan 95% dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil validasi guru biologi diperoleh penilaian kelayakan 86% dengan kriteria “sangat layak”. Respon peserta didik terhadap e-modul berbasis literasi sains dan nilai keislaman pada materi ekosistem, memperoleh penilaian sebesar 82% dengan kriteria “sangat layak” dari aspek yaitu ketertarikan, materi, dan bahasa. Sehingga, dalam penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul dengan asil validasi dan respon peserta didik yang menunjukkan bahwa e-modul berbasis literasi sains dan nilai keislaman pada materi ekosistem kelas X IPA tingkat SMA tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Literasi Sains, Nilai Keislaman, Ekosistem
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:06
Last Modified: 04 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item