Rahmaniyyah, Alfiyatul (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Dan Nilai Keislaman Pada Materi Ekosistem Kelas X IPA Tingkat MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 01. COVER.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 02. ABSTRAK.pdf Download (375kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 03. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 04. BAB I.pdf Download (477kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 05. BAB II.pdf Download (654kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 06. BAB III.pdf Download (674kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 07. BAB IV.pdf Download (953kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 08. BAB V.pdf Download (467kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) | 
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-modul berbasis literasi sains pada pembelajaran biologi pada materi ekosistem kelas X IPA di MA Mu’allimat NU Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model penelitian 4-D di modifikasi menjadi model pengembangan 3-D dengan menghilang tahap disseminate (penyebaran) sehinga penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek uji coba produk yaitu peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 42 peserta didik di MA Mu’allimat NU Kudus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, instrumen, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh dosen ahli materi diperoleh penilaian kelayakan 81% dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi oleh dosen ahli media diperoleh penilaian kelayakan 95% dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil validasi guru biologi diperoleh penilaian kelayakan 86% dengan kriteria “sangat layak”. Respon peserta didik terhadap e-modul berbasis literasi sains dan nilai keislaman pada materi ekosistem, memperoleh penilaian sebesar 82% dengan kriteria “sangat layak” dari aspek yaitu ketertarikan, materi, dan bahasa. Sehingga, dalam penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul dengan asil validasi dan respon peserta didik yang menunjukkan bahwa e-modul berbasis literasi sains dan nilai keislaman pada materi ekosistem kelas X IPA tingkat SMA tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | ||||||
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Literasi Sains, Nilai Keislaman, Ekosistem | ||||||
| Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:06 | ||||||
| Last Modified: | 04 Apr 2023 03:06 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9603 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        