Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Plantae

Nasikhah, Lailiyatun (2022) Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Plantae. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (836kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (685kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap skor rata-rata keterampilan proses sains siswa pada materi plantae; 2) untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap skor rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae; 3) untuk mengetahui hasil signifikansi metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan desain yang digunakan yaitu tes awal - tes akhir satu kelompok (the one pretest - posttest). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Target populasi yaitu seluruh siswa MA ZIWFA Nambuhan. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA yang berjumlah 33 siswa, dengan 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan tes essay untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan wilcoxon sign rank test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tes keterampilan siswa mengalami peningkatan, pada pre-test sebesar 52,6 dan post-test 81,7 dengan n-gain sebesar 0,6 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil belajar kognitif siswa juga menunjukkan adanya peningkatan setelah diterapkannya metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Hasil olah data tes ketika pre-test menunjukkan rata-rata nilai sebesar 46,4 meningkat saat post-test menjadi 78,1 dengan N-gain sebesar 0,6 yang artinya berkriteria baik. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon sign rank test menunjukkan dari data KPS dan belajar kognitif siswa sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 dan berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan. Penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terbukti memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif, Plantae
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:28
Last Modified: 05 Apr 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item View Item