Resmi, Ayu Citra (2022) Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa di Era New Normal Kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (759kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (295kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (172kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (357kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi guru IPS dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa di era new normal kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru IPS dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa di era new normal kelas VII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru IPS, siswa kelas VII sebanyak 4 siswa. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat tiga macam strategi guru IPS, yakni strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran inquiri, dan strategi kontekstual. Strategi pembelajaran langsung, digunakan oleh guru IPS untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa dengan cara menggunakan metode ceramah yang disertai penggunaan media belajar. Strategi pembelajaran inquiri, digunakan oleh guru IPS untuk membuat siswa terlihat lebih aktif mengikuti pembelajaran dengan cara memberikan pertanyaan awal yang berhubungan dengan materi. Strategi pembelajaran kontekstual, Digunakan oleh guru IPS dalam pembelajaran dengan menghubungkan materi yang diajarkannya dengan kehidupan nyata siswa agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi guru ips dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di era new normal antara lain: perbedaan karakter siswa, perbedaan daya serap, dan adanya siswa yang pasif. Guru IPS sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi hambatannya ketika pembelajaran agar pembelajaran tersebut menjadi efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru Ips, Efektifitas Belajar, Era New Normal | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Apr 2023 02:40 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2023 02:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9652 |
Actions (login required)
View Item |